instalasi panel

Instalasi Panel.

     Instalasi panel adalah suatu pusat berbagai macam bentuk intruksti kerja yang digunakan sebagai alat pengendali berbagai macam bentuk pekerjaan. Instalasi panel berfungsi untuk menyederhanakan dan melindungi suatu instalasi kerja.

     Didalam dunia industri, fungsi dari instalasi panel sangatlah penting untuk melindungi bebagai macam komponen rangakaian dari sesuatu yang tidak diinginkan. misalnya, seseorang mengalami kecelakaan kerja akibat tersetrum oleh suatu komponen yang tidak diletakkan dalam sebuah box panel. Maka disinilah mengapa pentingnya sebuah instalasi bagi dunia industri. Disamping itu, fungsi dari intalasi panel juga digunakan sebagai sarana penyederhanaan suatu rangkaian instalasi. Dunia industri tentunya menginginkan suatu bentuk yang sangat sederhana, tetapi memiliki banyak fungsi tentunya.

     Instalasi panel sering digunakan sebagai pusat pengendali sebuah mesin. Tak jarang mereka juga  menggunakannya sebagai pusat pengendali sebuah penerangan yang memiliki tegangan tinggi. Sebuah mesin tentunya memiliki alat pengendali, alat tersebut biasanya dirangkai dan diletakan pada sebuah panel. Panel inilah yang berfungsi sebagai pusat pengendali dari sakelar tersebut.

Cara membuat instalasi panel.

     Didalam sebuah pembuatan instalasi panel tentunya membutuhkan berbagai macam perangkat yang nantinya akan dirangkai menjadi satu. perangkat - perangkat inilah yang nantinya digunakan sebagai media pusat pengendali dari sebuah rangkaian kerja. Disini kami memberikan contoh sebuah motor listrik 3 fasa yang dikendalikan oleh sebuah panel. Perangkat apa saja yang akan digunakan dalam sebuah pembuatan instalasi panel. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak dengan baik contoh - contohnya.

1. Box panel/kotak panel.

     Box panel adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai wadah/tempat untuk meletakan berbagai macam komponen dan instalasi. semua komponen harus dipasang didalam box panel.

2. Tutup panel/pintu panel

     Tutup panel berfungsi sebagai penutup box panel. Tutup panel biasanya digunakan sebagai tempat meletakanya berbagai macam perangkat yang sangat penting. Contohnya seperti push button, tombol emergency, lampu indikator, dan berbagai macam indikator lainnya.

3. Duct kabel.

     Duct kabel berfungsi sebagai tempat pengintalasian kabel.

4.  Rel omega.

     Rel omega berfungsi untuk meletakan suatu komponen yang ada pada panel tersebut.

5. Terminal sisir.

     Terminal sisir berfungsi sebagai tempat input dan output suatu kabel.

6. MCB.

     MCB berfungsi sebagai pembatas arus yang masuk pada sebuah panel.

7. Komponen.

     Komponen ini berupa kontaktor magnet yang berfungsi sebagai pengendali sebuah motor listrik tersebut.

8. Push button.

     Push botton adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengendali semua komponen yang ada pada panel tersebut.

9. Indikator.

     Indikator berfungsi sebagai media pemberi pesan kepada kita. Contonya seperti lampu indikator.

10. Kabel.

     Perangkat inilah yang sangat penting untuk sebuah instalasi. Kalau suatu instalasi tidak memiliki kabel, maka tidak bisa disebut sebuah instalasi. Kabel ini berfungsi sebagai media penghantar arus listrik yang masuk dan keluar dari panel. Perangkat ini juga berfungsi menghubungkan kesemua komponen yang ada.

11. Motor listrik.

     Motor listrik berfungsi sebagai mesin yang dikendalikan dari panel tersebut.


     Demikian artikel ini saya buat, tolong komen apabila ada kesalahan pada pembahasan. Terimakasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat, salam sukses

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close