Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

  


   Setiap rumah tentunya memiliki kWh-Meter yang digunakan sebagai alat ukur penggunaan konsumsi listrik. KWh-Meter saat ini dibekali dengan tiga buah lampu indikator, yaitu warna hijau, kuning dan merah. Lampu hijau menandakan jika kWh meter menerima aliran listrik. Lampu warna merah akan berkedip setiap saat, menandakan jika pemakaian listik mencapai 1 kW. Sedangkan lampu warna kuning menandakan jika ada masalah pada jaringan kabel pada rumah.

    Indikasi kebocoran intalasi listrik pada kWh meter. Pada umumnya, kWh meter memang sangat jarang sekali mengalami masalah, akan tetapi bagaimana jika kWh-Meter di rumahmu mengalami masalah ?

Berikut penjelasannya :

     Sesuai dengan judul diatas, kali ini kami akan membahas kenapa lampu indikator warna kuning yang ada pada kWh meter terus menyala. Tentu saja kejadian ini membuat kita bertanya-tanya, menapa kok bisa terjadi ? Padahal kWh meter milik tetangga tidak mengalami masalah. Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran arus yang terjadi pada instalasi listrik. 

   Kebocoran arus listrik adalah adanya pemindahan energi listrik secara bertahap melampaui ambang batas kemampuan tahanan isolasi dari kabel. Faktor usia dan tidak sesuainya jenis kabel pada intalasi listrik dapat mempengaruhi kebocoran arus. Faktor yang lain diakibatkan karena jaringan baru yang di pasang akan tetapi ada kesalahan pada instalasi tersebut. 

    Seiring berjalannya waktu, tahanan isolasi pada kabel akan menurun. Hal ini tentunaya menyebabkan adanya arus bocor. Menurunnya kualitas kabel atau tahanan isolasi yang dipengaruhi oleh waktu penggunaan, dan temperature / suhu sekitar. Suhu yang berada disekitar kabel akan sangat berpengaruh pada kualitas isolasi kabel. Semakin tinggi suhu yang di terima oleh kabel, maka semakin cepat isolasi kabel mengalami penurunan dan rusak. Sehingga terjadi arus bocor. Hal ini mengakibatkan lampu indikator warna kuning pada kWh meter akan menyala.

     Apabila suatu intalasi listrik tidak dipasang grounding, hal ini akan sangat berbahaya bagi pengguna yang berada di dalam rumah tersebut. Jika terjadi arus bocor bisa mengkibatkan sengatan listrik.

Kesimpulannya adalah :

    Kebocoran arus listrik di rumah bisa di diqkibatkan oleh beberapa factor, antara lain: terjadi kesalahan instalasi listrik, rendahnya kwalitas atau tahanan isolasi kabel tersebut yang di pengaruhi oleh umur dan suhu ruangansekitar kabel (seperti: kabel di gunakan berdekatan dengan panas kompor atau panas matahari).

    Kabel grounding pada instalasi listrik di rumah sangat diperlukan, hal ini digunakan untuk mencegah terjadinya sengatan arus listrik yang bocor. Tidak semua listrik bisa di terima oleh tubuh manusia terlebih anak-anak. Tentunya hal ini bisa berkibat fatal, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Comments

  1. Solusi ya gimana kalau lampu kuning ya hidu trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana cara mengatasi lampu kuning jika menyala pada meter listrik PLN

      Delete
  2. Punya saya juga menyala lampu kontrol warna kuning, selanjutnya apa tindakan kami?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya lampu indikator kWh meteran saya juga menyala, oleh PLN diputus Ground nya / Arde dri kWh ke Tanah, alhasil lampu kuningnya mati.

      Delete
  3. Tempat ku juga hidup aja lampu indikator yellownya😔

    ReplyDelete
  4. Sulit mencari kabel instalasi yang bermasalah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget saya kawalahan dalam mencari kebocoran arus kalo indikator kuning berkedip akan ngetrip terus menerus...

      Delete
  5. Panggil orang yang paham kelistrikan atau kalau masih inget sm orang yg pasang instalasi listrik di rumah anda,dia pasti bs benerin,
    Pengalaman saya sendiri di kontrakan,telpon pln 123,dan mereka bilang "ini tandanya masalah dlm instalasi rumah,pln tidak bertanggung jawab,ibu cari orng yg ngerti instalasi listrik buat benerin".
    Akhirnya bilng sm yg punya kontrakan,dipanggilah orang yg pasang instalasi di kontrakan ku,eh...bener donk itu lampu indikator kuning mati,dn listrik normal lg

    ReplyDelete
  6. Coba diturunkan dulu MCB meteranya beberapa menit..kalau bermasalah dari dalam rumah,maka lampu kuning akan mati..kalau tetap menyala..berarti bukan kesalahan instalasi dalam rumah..saat ini ditempat sy sebagian rumah listrik mati,sebagian lagi listrik nyala..yg listriknya mati..indikator kuningnya menyala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy sdh coba MCB di off-kan, tapi saat off pun tetap lampu kuning menyala, bersamaan dengan lampu hijau, dan ada tulisan "periksa" di indikator token/pulsa listriknya, apa yg harus sy lakukan lagi ya? mhn pencerahannya 🙏

      Delete
    2. Sy jg pernah mengalami hal yg sama. Masalah nya ada pada instalasi listrik rumah kita, sy melakukan cek di setiap Sabungan kabel dan ternyata ada satu kabel yg bermasalah. Setelah kabel di ganti, kWh normal kembali.

      Delete
  7. Maaf mau tanya instalasi itu apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instalasi itu sambungan aliran dari satu tempat ke tempat lain ( itu kalo ga salah)

      Delete
  8. Listrik rumah sering mati tapi lampu kuning tidak menyala.. daya yang terpakai juga tdk seberapa dari kapasitas daya yg tersedia

    ReplyDelete
  9. Pa apa bisa kalo tampah memasan kabel grounding di KWH METER untuk masuk pada instalasi rumah.

    ReplyDelete
  10. Kalau mati hidup mati hidup apa penyebabnya?

    ReplyDelete
  11. Trs tindakan apakah yg harus kami lakukan.jika lampu berwarna kuning

    ReplyDelete
  12. Kenapa ya lampu metran listrik token saya lampu warna kuning kok nyala gak lama kemudian lampu mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada kebocoran arus listrik tp tahap awal

      Delete
  13. Kalo lampu indikator tamper menyala kenapa min untuk kwh meter 3 pas pulsa

    ReplyDelete
  14. Biasa nya ada alat kita yg gk btul,mesin cuci,kulkas,seterika dll ada yg gak betul , coba dicek satu per satu jngan pnggil teknisi dulu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close