kontaktor magnet



    Kontaktor magnet merupakan sebuah alat elektronik yang bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik. Kontaktor magnet berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik. Prinsip elektromagnetik berasal dari sebuah kumparan atau coil yang terdapat pada inti kontaktor. Kumparan ini akan bekerja dan menciptakan gaya magnet jika dialiri listrik, kemudian gaya magnet inilah yang akan menggerakan atau menarik kontak - kontak yang ada pada kontaktor magnet tersebut.





Simbol :





    Kontaktor magnet terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah coil / kumparan, core / inti, kontak utama, dan kontak bantu. Bagian - bagian dari kontaktor tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Coil adalah sebuah kawat tembaga yang dililitkan pada core yang jika dialiri listrik maka akan menciptakan gaya magnet. Gaya magnet ini kemudian akan menarik batang kontak yang berada pada kontaktor magnet sehingga kontak utama dan kontak bantu akan bekerja.

      Kontak utama adalah sebuah kontak yang terdiri dari tiga buah kontak NO, kontak ini hanya akan bekerja jika kontaktor dalam kondisi aktif. Kontak utama memiliki fungsi yang sama dengan MCB 3 fasa, yaitu sebagai sakelar penghubung listrik 3 fasa ( R, S, dan T ). Biasanya kontak ini digunakan sebagai pengendali motor listrik 3 fasa.

     Sedangkan kontak bantu adalah sebuah kontak yang terdiri dari dua jenis kontak, antara lain kontak NO ( Normaly Open ) dan kontak NC ( Normaly Close ). Biasanya, jumlah kedua kontak bantu tergantung dengan jenis kontaktor magnetnya.

Fungsi kontak bantu dan kontak utama.



1. Kontak utama.

     Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kontak utama memiliki fungsi yang sama dengan MCB 3 fasa, yaitu sebagai saklar penghubung listrik 3 fasa ( R, S, dan T ). Biasanya kontak ini digunakan sebagai pengendali motor listrik 3 fasa.

2. Kontak bantu NO.

     Kontak bantu NO merupakan sebuah kontak yang hanya bekerja jika kontaktor magnet dalam kondisi aktif dan mati jika kontaktor dalam kondisi tidak aktif. Kontak bantu NO biasanya digunakan sebagai pengunci kontaktor, kontak ini akan menjaga kontaktor agar tetap aktif. Karena didalam sebuah instalasi panel menggunakan sebuah saklar pengendali jenis Push button, saklar ini hanya bekerja pada saat ditekan saja dan mati ketika dilepas.

    Selain digunakan sebagai pengunci, kontak bantu NO juga digunakan sebagai pengendali lampu indikator yang menandakan bahwa kontaktor dalam kondisi bekerja. Kontak ini juga biasa digunakan sebagai pengendali beberapa perangkat - perangkat elektronik yang lain.

3. Kontak bantu NC.

     Kontak bantu NC merupakan kebalikan dari kontak bantu NO, kontak ini bekerja pada saat kontaktor magnet dalam kondisi off atau tidak aktif. Dalam sebuah rangkaian kontrol pengendali yang membutuhkan lebih dari satu kontaktor, kontak bantu ini sangat dibutuhkan sebagai pengaman dan pengendali kontaktor lainnya. Contohnya saja pada rangkaian kontrol pengendali motor 3 fasa dengan menggunakan dua arah ( kanan - kiri ), kaontak ini digunakan sebagai pengaman agar ketika kontaktor pertama aktif kontaktor yang lain tidak ikut aktif. Hal ini akan mengamankan rangkaian daya dari adanya korsleting yang disebabkan adanya penyambungan antar fasa.

     Selain digunakan sebagai pengaman, kontak bantu NC juga digunakan sebagai pengendali lampu indikator yang menandakan kontator tersebut dalam kondisi tidak aktif. 

Comments

  1. Kalo kontaktor bantu simbolnya apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simbolnya sama aja gan, tergantung NO atau NC. Untuk gambar diatas kontak bantu ditandai nomer (13-14, 43-44 ( NO )), (21- 22, 31-32 ( NC )).

      Delete
  2. Sebelumnya terima kasih banyak sudah mau berbagi pengetahuan yang bermanfaat, dengan penyampaian kata-kata yang mudah difahami. untuk ilmu kelistrikan lainnya silahkan kunjungi blog Voltechno.net
    Thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close