Push Button adalah

     Push button merupakan saklar tekan yang berfungsi sebaga alat pemutus atau penghubung arus listrik. Alat ini bekerja dengan prinsip unlock (tidak mengunci). Jadi apabila saat kita menekan tombolnya, dan kemudian kita melepaskannya maka tombol itu akan kembali keposisi normal.

     Push button sering digunakan didalam dunia perindustrian. Alat ini sering digunakan untuk mengoperasikan mesin - mesin industri. Berdasarkan titik kontaknya, push button dibedakan menjadi tiga macam, yaitu ;
  1. Titik kontak NO (Normaly Open),
  2. Titik kontak NC ( Normaly Close ),
  3. Titik kontak NO dan NC.

Macam - macam titik kontak :

1. Titik kontak NO.



     Titik kontak NO (Normaly Open) adalah titik kontak yang apabila sebelum bekerja atau sebelum ditekan dalam keadaan terbuka, dan apabila bekerja (ditekan) maka titik kontak pada push button akan menutup sehingga mengalirkan listrik.

2. Titik kontak NC.



     Titik kontak NC (Normaly Close) adalah titik kontak yang apabila sebelum bekerja dalam keadaan tertutup atau terhubung dan mengalirkan arus. Apabila kontak ini bekerja maka titik kontak ini akan terbuka sehingga arus akan terputus.

3. Titik kontak NO dan NC.



     Titik kontak ini bekerja dengan prinsip kedua titik kontak diatas. Kontak ini memiliki tiga buah titik kontak. Apabila kontak belum bekerja/normal, maka kontak ( NC ) pada push button akan bekerja dan mengalirkan arus. Namun titik kontak ( NO ) pada push button tersebut tetap dalam keadaan terputus.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Normaly Open Normaly Close