kWh meter adalah

kWh meter ( Kilo Watt Hours )

     Bagi kalian yang berkecimpung didunia kelistrikan, tentu tidak asing lagi dengan alat yang bernama kWh meter ini. KWh meter adalah sebuah perangkat listrik yang berfungsi sebagai alat pengukur besarnya daya yang terpakai. Alat ini digunakan oleh PLN ( Perusahaan Listrik Negara ) sebagai alat pengukur besarnya daya yang digunakan oleh konsumen. Mereka dapat menghitung jumlah besarnya pemakaian daya listrik dengan alat ini yang nantinya akan kita bayar tiap bulannya. Semakin besar daya listrik yang kita gunakan, semakin besar pula biaya yang harus kita bayarkan ke PLN tiap bulannya. KWh meter biasanya diletakan pada teras rumah. Tujuannya adalah untuk mempermudah petugas PLN ketika akan melakukan pengecekan.

     KWh meter memiliki beberapa komponen utama yang berada didalamnya. Komponen - komponen itulah yang berfungsi sebagai mesin penghitung dan pencatat daya yang terpakai. Komponen itu terdiri dari kumparan tegangan, piringan logam, dan magnet tetap. Magnet tetap berfungsi untuk menciptakan gerak mekanik pada piringan logam. Selain itu, magnet tetap juga berfungsi sebagai penetral induksi medan magnet yang tercipta oleh piringan logam tersebut.

Cara kerja kWh meter

     KWh meter akan bekerja apabila ada arus yang mengalir. Ketika arus masuk kedalam kumparan, maka kumparan akan menciptakan arus bolak balik dan menciptakan induksi medan magnet. Magnet tetap dan induksi magnet yang tercipta dari kumparan akan menciptakan sebuah gerak mekanik dan menggerakan sebuah lempengan logam yang berada pada kWh meter. Ketika lempengan ini berputar, poros pada lempengan logam akan memutar roda gigi yang nantinya akan menggerakkan counter angka, counter angka inilah yang kemudian mencatat pemakaian daya.

     Semakin besar arus yang mengalir pada kumparan, semakin besar pula induksi mangnet yang tercipta. Jadi semakin besar induksi magnet yang tercipta, semakin cepat pula putaran lempengan logam. Intinya, semakin besar pemakaian arus semakin besar pula catatan counter angka yang berada pada kWh meter.


Demikian artikel tentang kWh meter ini saya buat, semoga menambah wawasan pengetahuan anda. Salam sukses...☺☺☺

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close