panel surya



     Panel surya atau sering juga disebut dengan solar panel merupakan teknologi pembangkit listrik yang memanfaatkan energi yang berasal dari cahaya matahari. Berbeda dengan teknologi lainnya, panel surya tidak menggunakan generator. Didalam panel surya terdapat sel - sel surya yang berfungsi mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

     Mengapa disebut panel surya atau solar panel ? Karena dalam proses pembangkitan listrik teknologi ini memanfaatkan energi yang berasal dari cahaya matahari, sehingga dinamakan " sol ". Sebagian ilmuwan menyabutnya photovoltaic yang berarti cahaya-listrik. Sel surya bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari yang kemudian menghasilkan arus listrik yang berasal dari dua lapisan sel bermuatan berbeda.

    Panel surya atau solar panel termasuk salah satu teknologi alternatif yang ramah lingkungan. Teknologi ini memanfaatkan energi yang terbarukan, artinya energi yang digunakan tidak pernah habis atau berkelanjutan. Seperti yang kita ketahui, pembangkit listrik yang memanfaatkan energi alam sangat bergantung pada kadaan. Berbeda dengan pembangkit listrik tenaga fosil, pembangkit listrik tenaga alam mengsilkan energi listrik jauh lebih rendah.

     Jumlah penggunaan panel surya dalam bidang industri pembangkit listrik dunia sangatlah kecil, hal ini terkendala akibat biaya dan wilayah. Biaya perwattnya bisa mencapai 10 kali lipat dibandingkan pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil. Tetapi, hal ini tergantung dengan keadaan wilayah tersebut. Pembangkit jenis ini biasanya diletakkan pada wilayah gurun atau pada area terpencil lainnya. Hal ini dilakukan agar panel surya mendapatkan energi matahari secara maksimal.

     Seperti yang kita ketahui, panel surya sangat tergantung pada cahaya matahari. Artinya, panel surya hanya akan memproduksi listrik pada siang hari saja. Tetapi hal ini sudah diatasi dengan batrei. Batrei ini digunakan untuk menyimpan energi listrik yang diproduksi oleh panel surya. Jadi kesimpulannya adalah batrei akan menggantikan panel surya pada malam hari, karena panel surya pada malam hari tidak dapat memproduksi listrik.

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close