saklar tukar adalah

Apa itu saklar tukar ?

     Saklar tukar adalah  sakelar yang berfungsi untuk mengoperasikan sebuah lampu dari dua tempat. Saklar ini memiliki dua kutub output tetapi hanya memiliki satu kutub input ( bisa juga sebaliknya ) yang bekerja secara bergantian, beda halnya dengan sakelar seri. Kalau sakelar seri sama sama memiliki dua kutub output tetapi dia memiliki dua kutub input yang keduanya dapat bekerja secara terpisah.







     Saklar jenis ini biasanya sering digunakan pada instalasi sebuah tangga sebuah gedung bertingkat, lorong - lorong sebuah kantor/hotel, bahkan sampai digunakan pada instalasi ruang bawah tanah.

     Saklar ini dapat digunakan sabagai alat pengendali sebuah instalasi penerangan yang dikendalikan dari dua tempat yang berbeda. Tetapi, saklar ini tidak dapat berdiri sendiri, jadi pada intinya jika kita ingin membuat sebuah rangkaian instalasi yang dikendalikan dari dua tempat adalah kita harus menyiapkan dua buah saklar tukar.

Contoh instalasi saklar tukar ( singgle line ).
     Gambar diatas adalah contoh dari intalasi penerangan yang dapat dikendalikan dari dua tempat.

    Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungan anda... salam sukses


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close