MCB adalah


    MCB ( Miniature Circuit Breaker ) adalah suatu komponen atau alat kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman dan pembatas jumlah arus yang masuk pada sebuah instalasi listrik. Alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kelistrikan. Pada sebuah instalasi rumah tangga, MCB biasanya dipasang pada sebuah kWh meter yang terpasang pada rumah kita. Alat ini digunakan sebagai pengaman dari aliran arus yang berlebihan pada saat terjadi korsleting dalam sebuah instalasi rumah tangga.

Referensi :LBS ( Load Break Switch ) SF6

     Menurut funsinya, MCB juga bisa disebut sebagai sakelar yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. cara kerja dari MCB dibagi menjadi dua bagian, yaitu bekerja secara manual dan secara otomatis. Cara manualnya adalah dengan cara merubah swicth pada MCB tersebut, biasanya berwarna biru atau hitam. Kita dapat mengubah posisi switch tersebut untuk memutus atau menyambung aliran listrik secara manual. Sedangkan cara otomatisnya adalah, ketika MCB pada saat posisi ( on ) dan terjadi kelebihan beban ( overload ) maka komponen yang ada pada MCB tersebut akan mendeteksi adanya kelebihan beban dan mengendalikan swicth. Komponen yang terdapat pada MCB itu disebut bimetal.

     Bimetal adalah suatu komponen yang bekerja sebagai pengendali MCB dari dalam. Komponen ini terdapat didalam sebuah MCB yang akan bekerja jika mendeteksi aliran arus yang berlebihan. Ketika arus tersebut melewati bimetal, maka bimetal itu akan panas dan memuai. Kemudian komponen inilah yang akan memerintahkan switch pada MCB untuk memutus arus atau menonaktifkan aliran arus yang masuk pada sebuah instalasi. Semakin besar arus yang masuk, maka semakin cepat pula proses pemuaian bimetal ini.  Pada saat arus sudah putus, bimetal akan mendingin dan menyusut kembali seperti keadaan normal.

Proses proteksi hubung singkat ( overload ).

      MCB akan selalu bekerja mendeteksi arus yang mengalir pada sebuah instalasi. Apabila suatu MCB memiliki batas arus sebesar 4 A dan arus yang masuk melebihi batas maksimum, maka bimetal pada MCB tersebut akan bekerja dan terjadi trip ( off ) dan memutus arus yang masuk pada rangkaian itu. Bimetal akan panas dan memuai, pada proses ini bimetal akan bekerja sebagai pengendali switch yang berada pada MCB tersebut secara otomatis jika terjadi kelebihan beban ( overload ).

     Kegagalan fungsi dari MCB ini tentunya memiliki manfaat pada sebuah instalasi agar tidak terjadi korsleting listrik. Korsleting listrik akan berakibat pada kabakaran rumah dan juga kerusakan pada alat - alat yang kita gunakan sehari - hari. Alat ini akan melindungi instalasi rumah tangga dari terjadinya korsleting listrik yang berdampak pada kerugian yang diakibatkan dari sebuah kebakaran atau kerusakan yang ditimbulkan dari adanya korsleting ini. 


Ok sobat.....
Demikian pembahasan saya kali ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan pengetahuan anda. Salam sukses...

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close