saklar adalah



    Saklar merupakan suatu alat kelistrikan yang sangat mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari. Berdasarkan fungsinya, saklar adalah suatu alat kelistrikan yang berfungsi sebagai penyambung atau pemutus aliran listrik.

     Selain digunakan untuk instalasi yang memiliki arus kuat, alat ini juga digunakan untuk instalasi arus lemah. Alat ini terdiri dari dua buah logam yang berada pada suatu perangkat yang dapat terhubung maupun terpisah sesuai dengan keadaan pada saat posisi menyambung (on) ataupun terputus (off).

    Perlu kita ketahui, ternyata saklar memiliki berbagai macam jenis bentuk dan fungsi yang berbeda - beda. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang jenis - jenis saklar yang biasa kita gunakan sehari - hari. Berikut adalah berbagai macam jenis saklar beserta fungsinya.

Jenis - jenis saklar.

A. Saklar Tunggal

    Saklar tunggal adalah saklar yang hanya memiliki satu buah kutub. Saklar ini berfungsi untuk mengoperasikan beberapa lampu dengan menggunakan satu buah tombol. Sederhananya, kita dapat mengoperasikan lampu dalam sekali tekan.

Simbol.





B. Saklar Ganda.

    Saklar ganda adalah saklar yang memiliki dua buah kutub yang berbeda, tetapi kedua kutub ini bekerja secara bersamaan jika dioperasikan. Saklar ganda berfungsi untuk menyambung dan memutus penghantar fasa dan netral.

Simbol.



C. Saklar Seri.

    Secara konstruksi, saklar seri sebenarnya merupakan dua buah sakelar tunggal yang digabung menjadi satu dan disusun secara seri. Saklar ini berfungsi untuk mengoperasikan dua buah lampu atau lebih secara terpisah. Intinya kita dapat mengoperasikan dua buah lampu dengan waktu yang berbeda dengan satu saklar. Umumnya, sakelar ini digunakan pada ruangan yang memiliki lebih dari satu lampu.

Simbol.



D. Saklar Tukar.

    Saklar tukar adalah saklar yang berfungsi untuk mengoperasikan beberapa lampu dari dua tempat. Saklar ini biasanya digunakan pada sebuah lorong - lorong, tangga pada bangunan bertingkat, dan juga pada sebuah ruangan bawah tanah.

Simbol.





E. Saklar Silang.

     Saklar silang adalah saklar yang secara konstruksi merupakan gabungan dari dua buah saklar tukar yang digabung menjadi satu. Cara kerjanya sepeti saklar ganda, namun fungsinya berbeda. Agar dapat bekerja, penggunaan saklar ini harus diaplikasikan dengan dua buah saklar tukar. berdasarkan fungsinya, saklar ini digunakan untuk mengoperasikan beberapa lampu dari tiga tempat atau lebih.

Simbol.






Contoh rangkaian instalasi.

     Berikut ini kami akan memberikan contoh - contoh rangkaian instalasi penerangan yang dikendalikan dari beberapa saklar diatas. Rangkaian instalasi ini dapat digunakan untuk sebuah rancangan instalasi anda.

1. Instalasi saklar tunggal.

     Gambar rangkaian saklar tunggal yang digunakan untuk mengoperasikan satu buah lampu.

Gambar singgle line :







2. Rangkaian instalasi saklar ganda.

    Gambar rangkaian saklar ganda yang digunakan untuk mengoperasikan satu buah lampu

Gambar singgle line :







3. Rangkaian instalasi saklar seri.

     Gambar rangkaian saklar seri yang digunakan untuk mengoperasikan dua buah lampu.

Gambar singgle line :







4. Rangkaian instalasi saklar tukar.

     Gambar rangkaian saklar tukar yang digunakan untuk mengoperasikan satu buah lampu dari dua tempat.

Gambar singgle line :







5. Saklar silang.

     Gambar rangkaian sebuah saklar silang yang diaplikasikan dengan dua buah saklar tukar, digunakan untuk mengoperasikan satu buah lampu dari tiga tempat.

Gambar singgle line :






 


   Demikian pembahasan saya kali ini, terimakasih atas kunjungan anda







Comments

Popular posts from this blog

Penyebab indikator warna kuning pada kWh meter menyala

kontaktor magnet

cara menghitung daya dan arus listrik

Saklar silang adalah

rangkaian saklar silang

push button dan titik kontak

instalasi saklar tukar

Push Button adalah

Normaly Open Normaly Close